sekolah termahal indonesia

Di tengah semangat orang tua untuk memberikan pendidikan terbaik bagi anak-anak mereka, perbincangan soal nominal dana sekolah yang fantastispun ramai diperbincangkan.

Tak jarang, meski angkanya bisa mencapai ratusan juta, banyak orang tua yang rela melakukannya dengan harapan anak-anak mereka akan mendapatkan pendidikan yang berkualitas tinggi dan fasilitas yang lengkap.

Tidak hanya di luar negeri, di Indonesia sendiri terdapat sejumlah sekolah yang terkenal dengan mahalnya biaya yang harus dikeluarkan.

Sekolah-sekolah tersebut menawarkan program pendidikan yang eksklusif dengan fasilitas modern dan menjamin lingkungan belajar yang ditawarkan memiliki kelas terbaik.

Sekolah Yang Memiliki Bayaran Fantastis

  • 1. British School Jakarta

Melansir dari situs resminya, British School Jakarta (BSJ) adalah sebuah sekolah independen di Pondok Aren, Tangerang Selatan, Indonesia.
British School Jakarta adalah anggota internasional dari Headmasters’ and Headmistresses’ Conference (HMC) di bawah kedutaan besar Britania Raya.

Di sekolah tersebut, untuk pendidikan usia 3-4 tahun alias TK mencapai Rp114,3 juta, sedangkan untuk usia 4-5 tahun mencapai Rp123,2 juta.
Sementara itu, pendidikan untuk jenjang pendidikan 1 (kelas 1 dan 2) adalah sebesar Rp309 juta dan untuk jenjang pendidikan 2 (kelas 3 hingga 6) mencapai Rp327,6 juta.
Sekolah ini juga menawarkan program-program internasional seperti IB Middle Years Programme (kelas 7, 8, 9) dan IGCSE (kelas 10 dan 11). Untuk IB MYP, biayanya mencapai Rp375,3 juta sedangkan untuk IGCSE juga sama sebesar Rp375,3 juta.

Terakhir, untuk IB Diploma (IB DP), IB Career-related Programme (IB CP) and IB Courses (kelas 12 and 13) dikenakan biaya Rp411,4 juta.

Jurusan Pendidikan Ketika Lulus Banyak Yang Membutuhkan

  • 2. Jakarta Intercultural School (JIS)

Sekolah ini memiliki luas 63 hektar di Ibu Kota Indonesia. JIS dikenal dengan fasilitas yang mumpuni serta biaya sekolah yang fantastis.
Berdiri pada 1951, sekolah swasta ini mengacu pada kurikulum di Amerika Utara, sehingga siswa dibagi menjadi kelas-kelas dari Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD) hingga SMA kelas 12.

Lembaga pendidikan tersebut menawarkan berbagai jenjang pendidikan dengan biaya pendidikan yang berbeda. Untuk Early Years 1 & 2 Shortened (Half) Day, sebesar Rp261,4 juta per tahun. Sedangkan untuk Early Years 1 & 2 Full Day, Rp337,8 juta per tahun. Bagi yang mengikuti jenjang Kindergarten, biaya pendidikan per tahunnya adalah Rp455,9 juta.

Sementara, di tingkat Elementary School (Grades 1 – 5), biaya pendidikan per tahunnya adalah Rp476,5 juta. Lalu, tingkat Middle School (Grades 6 – 8) adalah Rp542,7 juta. Untuk tingkat High School (Grades 9 – 12) sebesar Rp546 juta ter tahun. Selain itu, lembaga pendidikan tersebut juga memiliki Learning Center yang terbagi menjadi Learning Center (Primary) dengan biaya pendidikan per tahun sebesar Rp709,7 juta dan Learning Center (Secondary) senilai Rp775,9 juta.

  • 3. ACG School Jakarta

ACG School Jakarta terletak di Pasar Minggu, Jakarta Selatan, dan merupakan bagian dari Academic Colleges Group yang berbasis di Selandia Baru. Dengan kurikulum dan fasilitas berstandar internasional, tidak mengherankan bahwa biaya sekolah di ACG School Jakarta sangat tinggi. Biaya SPP untuk jenjang pendidikan dasar saja mencapai Rp 235 juta hingga Rp 310 juta.
Biaya ini belum termasuk biaya pembangunan sebesar Rp 37,6 juta, biaya transportasi sebesar Rp 19,3 juta, dan biaya untuk English Language Support (ELS) setiap semester sebesar Rp 37 juta.

  • 4. Binus School Simprug

Melansir dari situs sekolah, sebagai bagian dari BINA NUSANTARA, Binus School Simprug menjadi sekolah swasta yang menerima siswa dari tingkat Sekolah Dasar hingga Sekolah Menengah Atas. Berdasarkan data 2021, untuk memasukkan anak ke Simprug Binus School, orang tua perlu menyiapkan total biaya sebesar Rp684 juta. Biaya ini terdiri dari uang pangkal sebesar Rp144 juta dan biaya sekolah dari tingkat 1 hingga lulus sebesar Rp540 juta.

Kenali Sistem Pendidikan Nasional Indonesia

  • 5. Sekolah Pelita Harapan

James Riady yan merupakan bagian dari keluarga Riady pemilik Lippo Group adalah co-founder dari Yayasan Pendidikan Pelita Harapan. Meski tergolong menjadi sekolah elit, Sayangnya, informasi mengenai biaya sekolah per tahun tidak dipublikasikan secara resmi. Namun, berdasarkan penelusuran https://bpompulaumorotai.com/ , kisaran biaya SPP sekitar Rp33,2 juta hingga Rp308,6 juta tergantung jenjang pendidikan. Hingga saat ini, SPH telah memiliki 5 jaringan yang berada di area Jabodetabek, yaitu, Lippo Village, Sentul City, Cikarang, Kemang Village dan Pluit Village.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *