Warga Indonesia memperingati Hari Pengajaran Nasional (Hardiknas) setiap tahun pada tanggal 2 Mei. Tahun ini, Hardiknas jatuh pada Kamis (2/5/2024).

Tanggal 2 Mei ditetapkan sebagai Hari Pengajaran Nasional untuk mengenang hari kelahiran Bapak Pengajaran Indonesia Ki Hajar Dewantara pada 2 Mei 1889.

Hari Pengajaran Nasional kemudian legal dirayakan setiap 2 Mei berdasarkan Keputusan Presiden (Keppres) Nomor 67 Tahun 1961 seputar Hari-hari Nasional yang Bukan Hari Libur.

Pantas Keppres hal yang demikian serta Surat amberjapanesesteakhouse.com Keputusan Bersama (SKB) 3 Menteri 2024, Hari Pengajaran Nasional tak termasuk hari libur nasional. Meskipun semacam itu, Hari Pengajaran Nasional 2024 akan konsisten dirayakan oleh masyarakat Indonesia.

Berikut tema, logo, dan tanda upacara Hari Pengajaran Nasional 2024.

Tema Hari Pengajaran Nasional 2024

Tema, logo, dan tanda upacara Hardiknas 2024 dikontrol dalam Tanda Peringatan Hari Pengajaran Nasional Tahun 2024 yang dikeluarkan Menteri Pengajaran, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi Nadiem Makarim.

Dikutip dari tanda hal yang demikian, Hari Pengajaran Nasional 2024 yang diperingati pada 2 Mei 2024 akan mengambil tema “Bergerak Bersama, Lanjutkan Merdeka Belajar”.

Peringatan ini juga sekaligus diadakan untuk mempertimbangkan Mei 2024 sebagai bulan Merdeka Belajar.

Sebagai catatan, Merdeka Belajar yakni kebijakan Kemendikbudristek untuk mentransformasi pengajaran demi menciptakan Sumber Tenaga Manusia (SDM) unggul dan mempunyai profil pelajar Pancasila.

Link unduh logo Hardiknas 2024

Kemendikbudristek juga sudah mempertimbangkan logo peringatan Hari Pengajaran Nasional 2024.

Logo Hardiknas 2024 yang dipilih berwujud bintang dengan perpaduan warna biru, hijau, dan kuning. Logo bintang ini juga digunakan dalam peringatan Hardiknas sebelumnya. Tetapi, ada perubahan tulisan di bawah logo menyesuaikan tahun peringatannya.

Dikutip dari web Kemendikbud, logo Hardiknas mempunyai tiga elemen berupa Bintang, Keceriaan, dan Pena. Berikut makna filosofis logo Hardiknas.

1. Bintang: menggambarkan semangat Hardiknas yang serasi dengan visi dan misi pemerintah untuk melahirkan generasi Indonesia yang cerdas berkarakter. Bintang dengan garis luwes menggambarkan semangat adaptif dan tangguh menghadapi perubahan zaman yang sungguh-sungguh dinamis.

2. Keceriaan: menggambarkan suasana pengajaran Indonesia yang menggembirakan, penuh dengan antusiasme, dan gotong royong, serta partisipasi publik.

3. Pena: menggambarkan proses pengajaran sebagai sebuah proses penciptaan mahakarya yang membutuhkan perpaduan holistik antara kecakapan intelektual, emosional, dan spritual dalam cara kerjanya.

Logo Hardiknas 2024 bisa diunduh lewat tautan ini.
Logo Merdeka Belajar bisa diunduh lewat tautan ini.
Logo Tut Wuri Handayani bisa diunduh lewat tautan ini.

By admin7

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *