Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Mojokerto, Jawa Timur menghibahkan sebanyak 166 ekor kambing berjenis peranakan etawa (PE) terhadap 8 klasifikasi tani (poktan).

Pemberian hibah kambing etawa terhadap 8 pktan yang tersebar di lima kecamatan di Mojokerto itu untuk meningkatkan produktivitas dan kesejahteraan klasifikasi tani. Bupati Mojokerto Ikfina Fahmawati mengatakan bantuan itu diinginkan dapat meningkatkan produktivitas ekonomi dan kesejahteraan poktan di Kabupaten Mojokerto.

Bantuan kambing ini ialah bagian dari upaya Pemkab Mojokerto untuk meningkatkan kesejahteraan poktan,” katanya di jeda penyerahan secara simbolis bantuan kambing terhadap Poktan Sumber Makmur, Desa Gunungsari, Kecamatan Dawarblandong, Kabupaten Mojokerto, Rabu (29/5/2024).

Ia mengemukakan peternakan ini juga menjadi potensi yang penting di Kabupaten Mojokerto, terlebih dalam menggerakkan ekonomi.

“Kambing wajib dapat berkembang lebih banyak. Bila dapat 15 betina itu bunting segala. Itu sungguh-sungguh baik. Uang untuk spaceman pragmatic play membeli kambing ini senilai Rp503 juta, yang dianggarkan dalam APBD. Melewati pemberian bantuan ini, tugas anda segala ialah bagaimana meningkatkan kesejahteraan poktan dan keluarga,” katanya.

Ia minta para poktan untuk dapat memanfaatkan segala potensi yang ada di peternakan, salah satunya kotoran binatang. Menurutnya, kotoran binatang kambing dapat dimanfaatkan dan dapat diolah untuk menjadi pupuk organik.

“Jadi nanti dapat diputar kembali kotorannya dapat diciptakan pupuk, kemudian sekiranya tak salah air seni nya juga dapat dimanfaatkan, jadi ini segala dapat dimanfaatkan dengan baik,” ujarnya.

Ketahanan Pangan
Plt. Kepala Dinas Pertanian (Disperta) Kabupaten Mojokerto, Nurul Istiqomah mengatakan penyerahan bantuan binatang ternak kambing ini, menjadi salah satu janji Pemkab Mojokerto dalam mengoptimalkan ketahanan pangan di areanya.

“Harapan kita di dinas pertanian ialah, bagaimana agar senantiasa mengoptimalkan ketahanan pangan. Ketahanan ini tak senantiasa berasal dari sektor pertanian, tapi juga dari peternakan,” tuturnya.

Nurul juga menyebutkan jumlah kambing hibah yang diterima poktan di tahun anggaran 2024 kali ini sebanyak 166 kambing, serta yang terbanyak diserahkan terhadap Poktan Desa Gunungsari, Kecamatan Dawarblandong.

“Acara hari ini sengaja kita laksanakan di Dawarblandong, sebab khusus di sini kambingnya ada 47, ialah 43 betina dan 4 jantan. Sedangkan yang lainnya diberi 2 jantan dan 15 betina,” ucapnya.

By admin4

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *